Settia

Rotasi dan Promosi Jabatan di Pemkot Cilegon Jangan Sampai Ada Praktek Transaksional

BERBAGI

CILEGON, BCO – Pemerintah Kota Cilegon dalam waktu dekat ini dikabarkan segera melakukan mutasi, rotasi dan promosi pada jajaran pejabat eselon II, III dan IV pada sejumlah SKPD.

Hal tersebut ditanggapi beragam oleh sejumlah kalangan. Namun yang pasti semua pihak berharap pada mutasi dan promosi jabatan di Pemkot Cilegon kali ini setiap posisi jabatan harus diisi oleh orang yang tepat, sesuai dengan bidang keahlianya, bukan hanya karena faktor kedekatan secara emosional.

Munhaji, Sekretaris Ikatan Keluarga Besar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kota Cilegon mengatakan, setiap ASN (aparatur sipil negara) yang menyandang jabatan harus mengerti tupoksi kerjanya, bukan merupakan personel titipan.

“Saya berharap dalam mutasi dan promosi kali ini jangan ada titipan, apalagi orang yang akan ditempatkan orang yang tidak sesuai dengan keahliannya di bidangnya,” ujar Munhaji ditemui di Sekretariat di Kampus Al-Khairiyah, Jumat 16 Desember 2016.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Cilegon, Erick Rebiin saat ditemui di ruang Fraksi NasDem mengatakan, dalam hal mutasi dan promosi jabatan di Pemkot Cilegon seyogyanya orang yang ditempatkan itu orang yang benar-benar ahlinya.

Settia

“Saya berharap ASN yang ditempatkan nanti itu orang yang ahli dalam bidangnya, sebab jika nanti orang yang akan ditempatkan itu bukan orang yang ahli akan menjadi bumerang dan dapat menghambat program dan pembangunan di Kota Cilegon,” ujarnya.

Erick juga berharap tidak ada praktek transaksional di lingkungan Pemkot Cilegon dalam agenda rotasi dan promosi jabatan ASN ini. Kendati masih ada citra negatif di anggapan masyarakat terkait proses dan cara ASN dalam menduduki suatu jabatan, yang selama ini disinyalir ada praktek main mata dengan pemberian upeti kepada Baperjakat.

“Jika benar apa yang dikhawatirkan masyarakat ada oknum yang bermain dengan bermain mata, saya menyarankan pada Pak Iman untuk memecat orang itu, jangan sampai apa yang sudah bagus dicederai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan saya berharap semoga kekhawatiran masyarakat tentang itu tidak terjadi,” tuturnya. (*)