Settia

Selain Rekor MURI, Festival Golok Day Juga Perkenalkan Golok Cilegon

BERBAGI

CILEGON, BCO – Festival Golok Day yang merupakan festival budaya dalam rangkaian HUT ke-17 Kota Cilegon telah berhasil mencatatkan rekor MURI dengan jumlah 1.100 pendekar yang membawa golok dalam sebuah event budaya di depan Kantor Walikota Cilegon, Sabtu 30 April 2016.

Selain berhasil catatkan rekor MURI, Festival Golok Day juga memperkenalkan ‘Golok Cilegon’ buatan salah seorang pendekar di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cilegon, Muharman Kotto, mengatakan, Provinsi Banten saat ini sudah memiliki 2 jenis golok yang sangat terkenal di Indonesia, bahkan dunia.

“Banten sudah memiliki golok yang sangat terkenal, golok Ciomas dan golok Cilangkahan. Sekarang bertambah satu lagi sebagai artefak di Banten, golok Cilegon,” katanya.

Golok Cilegon sendiri memiliki ciri dan bentuk yang berbeda dari kebanyakan golok lainnya. Ciri yang paling khas pada Golok Cilegon ini bentuknya melengkung menyerupai huruf C, seperti badan yang membungkuk dengan gagang kepala harimau.

Settia

“Filosofi Golok Cilegon adalah huruf c atau berbadan bungkuk menandakan berakhlak serta santun. Sedangkan gagang dengan kepala macan adalah simbol dari keberanian,” kata Jamhari, pembuat Golok Cilegon.

Pembina IPSI yang juga pendekar Banten, Tb Aat Syafa’at nampak antusias dan bangga dengan lahirnya Golok Cilegon ini. Aat mengatakan siap memperkenalkan Golok Cilegon menjadi seperti Golok Ciomas yang sudah terkenal di Indonesia bahkan di dunia.

“Golok Cilegon ini akan kami antarkan menjadi seperti Golok Ciomas yang sudah terkenal di nusantara. Golok ini sebagai aksesoris para pendekar, dan golok ini juga sebagai pengantar pembangunan,” kata mantan Walikota Cilegon itu.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Tb Iman Ariyadi dalam sambutannya mengatakan, Festival Golok Day telah menorehkan sejarah baru untuk Kota Cilegon, dan kehadiran Golok Cilegon ini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya.

“Acara ini menorehkan sejarah baru untuk Kota Cilegon. Selain itu, Golok Ciwandan yang diangkat menjadi Golok Cilegon, merupakan hal yang sangat penting dalam upaya pelestarian budaya dan warisan leluhur. Dengan adanya Golok Cilegon ini saya harap pendekar dapat menjalankan tugas yang sangat penting dalam menjaga pembangunan di Kota Cilegon,” tutur Tb Iman. (*)