Settia

Staff Panwaslu Kecamatan Citangkil Dilantik Jadi Pengurus Partai Golkar

BERBAGI

CILEGON, BCO – Salah seorang staff Panitia Pengawas Pilgub Banten Kecamatan (Panwascam) Citangkil berinisial IMF, secara terang-terangan telah melanggar aturan penyelenggara pemilu, karena diketahui berafiliasi dengan partai politik tertentu.

Tidak netralnya IMF sebagai staff Panwascam Citangkil tersebut diketahui setelah yang bersangkutan kedapatan dilantik menjadi pengurus Partai Golkar di Kecamatan Citangkil. Partai Golkar sendiri merupakan pengusung pasangan calon Wahidin – Andika pada Pilgub Banten kali ini.

Settia

Pantauan BCO, IMF mengikuti pelantikan pengurus PK (Kecamatan) dan PL (Pengurus Kelurahan) Partai Golkar Kecamatan Citangkil secara terang-terangan di salah satu lapangan yang ada di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Citangkil, Sabtu kemarin 3 Desember 2016. Padahal yang bersangkutan masih tercatat sebagai staff sekretariat Panwascam Kecamatan Citangkil. Ini tentu telah menyalahi prinsip dan aturan bahwa bagian dari penyelenggara pemilu harus netral dan tidak menjadi bagian dari partai politik manapun.

Mendengar ada salah satu staf Panwascam yang menjadi pengurus partai, Siswadi selaku Komisioner Panwaslu Kota Cilegon, mengaku kaget dan menegaskan bahwa seluruh unsur Panwas harus netral dari kepentingan politik manapun.

“Baik Komisioner maupun staf itu tidak boleh terlibat di pengurus partai,” ujarnya melalui telephon genggam, Minggu 4 Desember 2016.

Siswandi juga berjanji akan memanggil yang bersangkutan untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

“Saya akan memanggil yang bersangkutan (IMF-red) untuk klarifikasi. Memang secara kelembagaan hal tersebut tidak boleh dilakukan dan sudah menyalahi dan untuk itu saya akan mencari tahu kebenaran IMF yang menjadi pengurus partai,” ujarnya. (*)