Settia

Suami Suka ‘Jajan’ Diluar Rumah, 103 IRT di Cilegon Tertular HIV/AIDS

BERBAGI

CILEGON, BCO – Penderita HIV/AIDS di Kota Cilegon kondisinya sangat mengkhawatirkan. Dalam 10 tahun terakhir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cilegon mencatat terdapat 460 penderita dengan rincian, 316 penderita HIV dan 144 penderita dengan AIDS, 95 orang telah meninggal.

Kepala Dinkes Kota Cilegon dr Arriadna mengatakan, kasus HIV/AIDS tiap tahunnya sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan data, golongan yang paling banyak mengalami peningkatan adalah ibu rumah tangga (IRT) dengan 103 kasus.

Angka tersebut urutan kedua setelah penderita HIV/AIDS dari pekerja, yaitu 143 kasus.”Tingginya ibu rumah tangga terkena HIV/AIDS dikarenakan tertular oleh suaminya yang suka jajan di luar rumah. Dimana, rupanya pekerja ini suka melakukan hubungan dengan selain istrinya ketika diluar rumah, bisa jadi dengan PSK,” kata Arriadna, Senin 30 Desember 2015.

Jumlah penderita HIV/AIDS pada PSK, disebutkan Arriadna, justru lebih rendah yaitu 78 kasus. Sementara itu, dikalangan anak muda juga HIV/AIDS membuat keprihatinan, dimana terdapat 3 pelajar dan 7 mahasiswa mengidap virus tanpa ada obatnya ini.

Settia

“Upaya penekanan sudah kami lakukan, mulai dari penyuluhan, bagi kondom, dan pemeriksaan rutin. Saya selalu mengimbau kepada semua pihak, terutama bagi pihak yang rentan terkena HIV/AIDS untuk melakukan pemeriksaan di semua puskesmas dan rumah sakit, semuanya gratis. Bahkan pengobatan penderita HIV/AIDS dan konseling juga digratiskan,” kata Arriadna. (*)