Settia

Tak Dihadiri Disbudpar, Diklatsar Teater Komunitas Teater Wonk Kite Jalan Terus

BERBAGI

CILEGON, BCO – Komunitas Teater Wonk Kite (KTWK) Kota Cilegon menggelar kegiatan Open Recruitment Anggota (Opera) atau yang sering disebut dengan pendidikan dan latihan dasar (diklatsar) yang akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 2 – 4 Oktober 2015. Acara tersebut ditujukan untuk merangkul generasi muda agar dapat terlibat aktif dalam membangun dan mengembangkan kesenian, terutama seni pemeranan atau yang lebih dikenal dengan seni teater.

Meski saat pembukaan acara Diklatsar Teater KTWK yang dilaksanakan Sanggar Seni Budaya Kota Cilegon, tidak ada satupun dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cilegon yang hadir. Pembukaan acara tetap berlanjut.

“Alhamdulillah acara tadi dibuka langsung oleh kang Wawan selaku pendiri Komunitas Teater Wonk Kite. Untuk dinas, kami sudah mengundang Disbudpar, selaku instansi pemerintah yang bertanggung jawab membina kesenian, tapi tidak ada yang hadir. Padahal kita sudah melakukan koordinasi dan pemberitahuan beberapa waktu sebelum dilaksanakannyakegiatan ini, kami sudah menyampaikan undangan kepada Disbudpar terkait adanya kegiatan ini untuk bisa memberikan sambutan dan membuka acara,” kata Muhammad Yusuf, Presiden KTWK, saat diwawancara di sela-sela pelaksanaan kegiatan, Jumat 2 Oktober 2015.

Sementara itu, Wawan Ikhwani, selaku pemerhati seni di Kota Cilegon yang juga hadir sebagai pemateri pada agenda kegiatan Diklatsar teater KTWK mengatakan, pemerintah memang masih memandang sebelah mata terhadap kesenian, khususnya seni teater, Wawan mengharapkan kepada para pelaku seni teater untuk lebih memaksimalkan potensi dalam kekaryaan.

“Kesenian masih dianggap sebelah mata oleh kawan-kawan birokrat khususnya teater. Maka dari itu, saya berpesan kepada kawan-kawan teater untuk lebih memaksimalkan potensi dalam hal membuat karya agar pemerintah dalam hal ini tidak lagi memandang organisasi teater sebagai organisasi biasa. Melalui konsep kekaryaan kita bangun kepedulian dan perhatian pemerintah dan masyarakat dengan cara menjalankan manajemen organisasi secara baik, terkoordinir dan bijaksana,” kata Wawan Ikhwani yang juga merupakan Sekretaris Camat Kecamatan Citangkil.

Berdasarkan pantauan Berita Cilegon Online (BCO), sebelum acara pembukaan dimulai, Kepala Bidang Seni Budaya Disbudpar Kota Cilegon, Heni Anita Susila terlihat hadir di sanggar dalam rangka menyaksikan latihan pentas seni untuk persiapan kegiatan HUT Provinsi Banten. Namun karena latihan batal digelar, Heni langsung bergegas meninggalkan sanggar dan tidak memantau kegiatan Diklatsar teater. (*)

Settia