Settia

Teridentifikasi Ganda, Daftar Pemilih di Kecamatan Jombang Paling Banyak Dicoret

BERBAGI

CILEGON, BCO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon mencoret sebanyak 1.337 jiwa penduduk yang teridentifikasi ganda dari daftar pemilih Pilgub Banten 2017 yang akan datang.

Kecamatan Jombang menjadi wilayah yang warganya paling banyak dicoret dari daftar pemilih karena teridentifikasi ganda, yaitu sebanyak 1.068 jiwa.

Settia

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Pleno Penetapan dan Rekapitulasi DPT (Daftar Pemilih Tetap) oleh KPU Cilegon, Senin 5 Desember 2016.

Sebelumnya hasil Pleno di 8 PPK se Kota Cilegon, tercatat ada sebanyak 282.706 jiwa jumlah penduduk Cilegon yang masuk dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Namun tidak semua jumlah yang disetorkan oleh PPK ke KPU Kota Cilegon itu memenuhi syarat sebagai pemilih, hingga akhirnya jumlah DPT harus berkurang lagi dan hanya sebanyak 281.369 jiwa yang dinyatakan memenuhi syarat masuk DPT.

Dijelaskan Koordinator Divisi Pengawasan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cilegon, Siswandi, pencoretan tersebut merupakan hasil analisis data menggunakan Aplikasi Sianida.

Menurutnya Panwas menemukan data ganda di DPSHP yang diserahkan PPK tersebut, sehingga pihaknya merekomendasikan sebanyak 1.337 nama tersebut untuk dicoret.

“Itu banyak yang ganda kita gunakan aplikasi Sianida untuk mengeceknya, dan kami rekomendasikan untuk dicoret,” ujarnya kepada BCO, Senin 5 Desember 2016. (*)