Settia

Usai Penyuluhan Bahasa, Wartawan Banten Bentuk Forum Bahasa Media Massa

BERBAGI

CILEGON, BCO РUsai mengikuti acara penyuluhan Bahasa Indonesia, wartawan yang menjadi peserta pada acara tersebut langsung membentuk Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Provinsi Banten di Rumah Makan Sari Kuring Indah (SKI) Kota Cilegon, Selasa 11 Agustus 2015. Penyuluhan tersebut merupakan agenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Kantor Bahasa Provinsi Banten.

Ketua Umum FBMM TD Asmadi menunjuk tujuh orang tim formatur dari perwakilan peserta penyuluhan untuk menyusun kepengurusan FBMM Provinsi Banten. Dalam musyawarah tim formatur ini terpilih Pupu Saputra sebagai Ketua FBMM Provinsi Banten.

“Saya berharap FBMM ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia terutama wartawan saat menulis berita. Forum ini nantinya menjadi sarana diskusi agar berita yang diterbitkan tidak keluar dari kaidah Bahasa Indonesia sesuai EYD (ejaan yang disempurnakan), karena media massa sangat erat kaitannya dengan penggunaan bahasa setiap harinya,” ujar Pupu Saputra.

Pupu juga menegaskan bahwa pengurus yang ada pada FBMM ini bukan orang yang lebih memahami bagaimana menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar pada saat menulis berita, justru sebagai sarana meningkatkan kemampuan.

“Ini sarana untuk kita dapat meningkatkan kemampuan menulis berita. Mudah-mudahan kita semakin memahami dengan benar saat menulis berita, apalagi wartawan atau media massa adalah pihak yang menjadi acuan masyarakat. Jika wartawan atau media massa menuliskan suatu berita, masyarakat cenderung menyatakan itu sebagai sebuah kebenaran dan itu berbahaya jika ternyata tulisan yang diterbitkan tidak sesuai fakta, data, dan kaidah Bahasa Indonesia,” kata Pimpred Sebelas News ini.

Settia

Sebelumnya, TD Asmadi mengatakan bahwa FBMM perlu dibentuk sebagai pengontrol bahasa yang disajikan oleh media massa di Provinsi Banten.

“Ya ini perlu dibentuk supaya mereka (wartawan-red) mikir dalam menyajikan bahasa untuk masyarakat. Setelah terbentuk kepengurusan FBMM Provinsi Banten nanti bulan depan saya akan datang kemari (Banten) untuk meresmikan. FBMM Banten ini adalah yang ke-21,” ujar salah satu pengajar di Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) ini.

Adapun pengurus lainnya adalah Sekretaris Rizal Fauzi (Banten Pos), Bendahara Setiawan Cogah (Banten Muda), Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Jaringan Fauzi Albarra (beritacilegon.com), Wakil Ketua Bidang Kajian dan Pengembangan Nidu Paras (Kubah Budaya), dan Ketua Bidang Usaha dan Publikasi Agus Iryana (Radar Banten). (*)