Settia

Wajib Ambil Buku Paket dan LKS Rp400 Ribu, SDN Tegal Wangi Dikeluhkan

BERBAGI

MERAK, BCO – Seorang wali murid dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tegal Wangi, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon mengeluhkan harga buku paket dan lembar kerja siswa (LKS) yang terbilang mahal.

Dikatakan, anaknya diwajibkan oleh pihak sekolah untuk membeli enam buku paket di sekolahnya itu dengan harga Rp302.000 dan sejumlah buku LKS seharga Rp160.000.

“Kalau yang buku LKS seharga Rp160 ribu sudah saya bayar, ini 6 buku paket yaitu Agama, PPKN, MTK, Bahasa Indonesia, IPA, dan IPS seharga Rp.302.000 belum saya bayar karena belum punya uang. Dulu itu saya pernah pernah dengar pendidikan SD semua gratis, tapi ko ini buku semua harus diambil dan dibayar,” ujar buruh cuci yang enggan disebutkan namanya ini, Sabtu 10 Oktober 2015.

Sementara itu, ketika dihubungi melalui telepone selular, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Grogol, Jumhuri mengatakan, sekolah yang menerapkan K-13 dan KTSP berbeda peraturan dalam kebijakan pembelian buku paket. Sekolah yang menerapkan K-13 semua buku digratiskan, sedangkan sekolah yang masih KTSP buku paket dan LKS tidak gratis.

Settia

“Kalau untuk buku K-13 semua digratiskan, artinya semua sekolah yang ditetapkan sebagai K-13. Hanya SD Bujang Gadung dan Kota Sari yang K-13. Kalau ini, SDN Tegal Wangi masih KTSP jadi buku tidak gratis,” katanya. (*)