Settia

Walikota Nilai PHK 8 Pekerja PT Cabot Tidak Adil

BERBAGI

CILEGON, BCO – Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi meminta pihak industri harus mendukung pembangunan Kota Cilegon. Dimana keberadaan industri harus mendatangkan kemakmuran bagi masyarakat.

“Cilegon ini kota industri, perdagangan dan jasa. Sudah semestinya
industri, perdagangan, dan jasa yang ada di kota ini mendatangkan
kesejahteraan bagi masyarakat bukan malah sebaliknya,” kata Iman dalam mediasi terkait PHK sepihak oleh PT Cabot di ruang rapat walikota, Senin 1 Agustus 2016.

Lebih lanjut, persoalan yang sering dihadapi dalam dunia industri adalah persoalan PHK buruh oleh manajemen perusahaan. Masalah PHK seperti ini sudah sering terjadi menyebabkan masalah sosial dengan bertambahnya pengangguran.

Settia

“Pemutusan kerja PT Cabot kepada 8 pekerja adalah sikap yang tidak adil. Pihak industri tidak boleh semena-mena memberhentikan pekerjanya,” kata Iman yang berada di posisi membela 8 pekerja yang mendapatkan PHK.

Iman meminta kepada PT Cabot untuk mengkaji ulang atas keputusan PHK kepada 8 pekerjanya tersebut.

Sementara itu, perwakilan Manajemen PT Cabot, Febri Handriadi mengatakan,
perusahaan tidak punya maksud maupun tujuan lain terkait dengan keputusan PHK tersebut. PHK dilakukan semata untuk melakukan efisiensi untuk tetap bisa eksis dan memperkuat bisnis.

“Hal tersebut merupakan pengaruh ekonomi global. Sehingga kami harus
melakukan efisiensi. Namun, keputusan tersebut juga sudah dianalisa dan dipertimbangkan dengan baik. Sehingga PHK merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Perusahaan juga selalu mencoba taat dengan peraturan dan akan mengikuti undang-undang,” kata Febri. (*)