Settia

2020, Karang Taruna Minta Pemkot Cilegon Bangun SMP Negeri di Purwakarta

BERBAGI

CILEGON, BCO – Karang Taruna Kecamatan Purwakarta meminta Pemerintah Kota Cilegon untuk segera membangun SMP Negeri di Kecamatan Purwakarta. Hal itu dikarenakan sampai saat ini di wilayah tersebut belum ada SMP Negeri, padahal sistem zonasi sendiri mengharuskan warga mengeyam pendidikan di satu wilayah sesuai tempat tinggalnya.

Keluhan warga perihal sistem zonasi tersebut mendapat sorotan langsung dari organisasi kepemudaan atau Karang Taruna Kecamatan Purwakarta. Humas Karang Taruna Kecamatan Purwakarta, Imam Romadhon menyatakan, program pemerataan pendidikan tersebut merupakan RPJMD 2016 – 2020 yang mana program tersebut harus direalisasikan secepat mungkin. Namun kenyataannya hingga saat ini, hal tersebut belum terealisasikan. “Setiap tahun masyarakat menunggu (pembangunan smp), karena tiap tahun juga banyak warga yang mau masuk smp ini kalau bisa secepatnyalah dibangun, asal di purwakarta,” ucapnya saat ditemui BCO di Krakatau Junction, Jumat, 01 November 2019.

Settia

Bahkan ia juga menjelaskan, sistem zonasi yang diberlakukan oleh pemerintah pusat berdampak langsung terhadap masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Purwakarta. Meski demikian, warga Purwakarta sendiri memiliki kesempatan bersekolah di smp negeri lain dengan kuota yang terbatas. “Banyak keluhan warga ke karang taruna akibat sistem zonasi ini. Ini juga sangat mendesak yah, karena setiap rapat juga kita bahas bagaimana jalan keluarnya,” jelas Imam.

Imam sendiri mendesak Pemerintah Kota Cilegon maupun Dprd Kota Cilegon untuk memprioritaskan pembangunan SMP Negeri di Kecamatan Purwakarta. “RPABD 2020 Smp negeri di purwakarta harus diprioritaskan, kalau bisa dinomor satukanlah. Karena ini menyangkut masa depan pendidikan warga di purwakarta,” tegasnya. []