Settia

Asep: Pemadaman Listrik Kemarin Bukan Disebabkan Masalah di PLTU Suralaya

BERBAGI
Humas PLTU Suralaya saat menjelaskan masalah pemadaman massal/Foto: Adji

CILEGON, BCO – Supervisor Senior Humas dan Keamanan PLTU Suralaya Asep Muhendar menjelaskan perihal terjadinya pemadaman listrik yang terjadi dibeberapa daerah pada minggu kemarin.

Menurutnya pemadaman tersebut terjadi lantaran adanya masalah pada transmisi 500 KV di Unggaran Jawa Tengah sehingga membuat pembangkit listrik di wilayah lain terganggu karena tidak bisa menyalurkan suplai listrik. “Jadi masalahnya bukan di kami, karena pembangkit kami hanya terkena imbasnya saja sehingga tidak bisa menyalurkan listrik tegangan ekstra tinggi,” kata Asep Muhendar kepada BCO, Senin 5 Agustus 2019.

Selain itu, ia juga menerangkan mengenai sistem frekuensi di PLTU Suralaya yang memiliki sistem otomatis apabila tegangan yang didapat maupun tegangan yang kurangnya maka sistem unit akan berhenti secara otomatis. “Kalau unitnya melebihi batas yang ditentukan maka unit di kami ini akan berhenti secara otomatis tapi tidak akan merusak pembangkit kami,” terangnya.

Saat ini PLTU Suralaya juga telah mengoperasikan empat unit turbin generator guna memberikan suplai listrik untuk masyarakat, meskipun masih ada beberapa wilayah yang masih mengalami pemadaman.
.
Ketika disinggung soal pemadaman yang terjadi tersebut, Asep mengatakan hal tersebut bukan kewenangannya. Tetapi kewenangan Pusat Pengendalian Beban (P2B) yang berada di Cinere. “Untuk hal itu bukan kewenangan kami, itu P2B yang mengatur tegangan yang dikirim oleh kami,” tutupnya. []

Settia