Bank Indonesia Luncurkan GPN, Apa itu GPN?

BERBAGI

BCO TV- Bank Indonesia (BI) Gencar sosialisasi program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). BCO TV- Bank Indonesia (BI).

Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dalam kajiannya sudah cukup lama, Indonesia meluncurkan program GPN setelah 20 tahun dikaji. Bank Indonesia resmi meluncurkan program GPN sejak mei 2018.

Masyarakat belum banyak yang tau apa itu GPN? GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan transaksi antar bank. GPN memudahkan masyarakat jika ingin melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko atau merchant.

Menurut Rahmat Hernowo ( Kepala BI Perwakilan Banten ) dalam sela wawancara dalam kegiatan sosialisasi GPN di Alun-alun Kota Cilegon “tahun ini diharapkan 30 % masyarakat sudah memiliki kartu debit atau ATM berlogo GPN dan kami mengharapkan untuk hari ini sekitar 600.000 kartu ATM sudah ditukarkan dengan berlogo GPN”.

GPN dapat mendorong perluasan Gerakan Nasional non Tunai (GNNT) dan pengembangan perdagangan nasional berbasis elektronik.Bank Indonesia menargetkan program akan selesai tahun 2022 dan berharap semua masyarakat sudah menukarkan kartu debit atau ATM dengan kartu berlogokan GPN.