Settia

Harga Cabai di Cilegon Tembus Rp. 65 sampai 70 Ribu Per Kilogram

BERBAGI
Pedagang sedang menjajakan cabai jualannya/Foto: Dokumentasi BCO

CILEGON, BCO – Kurangnya pasokan bahan-bahan komoditi seperti Cabai, membuat harga barang tambahan untuk memasak ini melambung tinggi daripada harga biasanya. Tercatat, dalam dua minggu terakhir harga cabai dibeberapa pasar di Cilegon mengalami kenaikan yang sangat singnifikan. Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon mengungkapkan, kenaikan harga cabai ini terjadi lantaran terlambatnya masa panen cabai dari beberapa daerah yang menjadi sentra utama pemasok bahan komoditi tersebut. Bahkan, Kepala Disperindag juga menyebutkan harga cabai ditingkat pengecer bisa menembus angka Rp.65 – 70 ribu rupiah.
“Jadi intinya kita memang kekurangan pasokan,harga saat ini mencapai Rp.65 sampai 70 ribu rupiah, bahkan mungkin dibeberapa tempat, ada juga yang menjual lebih dari 70 ribu perkilonya,” ungkap Dikrie Maulawardhana kepada media saat ditemui di salah satu Restoran, Senin 8 Juli 2019.
Untuk menyetabilkan harga cabai yang semakin tinggi tersebut, pihak Disperindag Kota Cilegon mengaku telah melakukan koordinasi dengan Disperindag Provinsi serta Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten untuk mencari pasokan baru hingga ke sentra cabe merah yang ada di Jawa Barat diantaranya Tasikmalaya dan Sumedang. “ Karena ini lintas provinsi, maka kepala dinas provinsi yang melakukan kontak,” katanya.
Lebih lanjut, Dikrie juga memperkirakan kenaikan harga cabai tersebut akan berlangsung hingga pekan ini. Ia juga mengatakan, pasokan cabai di Cilegon perharinya bisa mencapai 2 ton. “Kalau untuk pasokan sehari itu bisa mencapai 1 – 2 tonlah untuk cabai saja, dan itu kita ambil dari Tanah Tinggi ataupun pasar yang ada di Tangerang,”
Pihaknya juga berharap Disperindag akan menemukan pemasok cabai baru untuk menurunkan harga cabai yang saat ini terlampau tinggi. “Tetapi mudahan-mudahan di minggu ini kita dapat pasokan baru sekitar 3 kwintal, untuk kita sebar di masyarakat, mudah-mudah dengan operasi pasar tersebut, harga perlahan akan turun,”tuturnya.
Kendati harga Cabe merah mengalami peningkatan yang signifikan, lanjut Dikri, akan tetapi ia memastikan untuk komoditas lain harga relative aman. “Saat ini aman, kalaupun kenaikan harga di moment musiman yakni Idul Adha, diperkirakan kenaikan tidak signifikan,” tutupnya. []

 

Settia