Settia

Harga Cabai Tinggi, di Pasar Kranggot Ada Operasi Pasar

BERBAGI
Sejumlah ibu rumah tangga mendatangi Operasi Pasar yang diadakan di Pasar Kranggot

JOMBANG, BCO – Demi menstabilkan pasokan dan harga komoditas bahan pangan yang tinggi karena faktor cuaca, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Cilegon melakukan Operasi Pasar Cabai Merah Kriting di Pasar Tradisional Kranggot Cilegon, Kamis 4 Juli 2019.

Untuk operasi pasar tersebut instansi pasar telah menyiapkan 65 Kilogram cabai merah kriting yang dikemas dengan ukuran berat setengah kilogram dan dijual dengan harga Rp. 21.000.00 lebih rendah dari biasanya.

Harga cabai merah kriting di Pasar Kranggot sebelumnya mencapai Rp. 64.000.00 per kilogramnya. Hal ini dijelaskan Kepala Seksi Stabilitas Harga pada Disperindag Cilegon, menurutnya faktor cuaca saat ini membuat daya panen menurun sehingga menyebabkan kelangkaan barang dan harga merangkak naik.

“Setelah kita telusuri, ternyata memang kebanyakan karena faktor cuaca karena banyak petani yang mengalami kekeringan, pasokan ke kita juga agak sulit,” Ungkap Dedi Jauhari.

Ia juga mengaku, selama ini yang menjadi pemasok bahan komoditas cabai merah kriting di pasar Kranggot Cilegon merupakan daerah-daerah di Banten. Seperti, Ciruas, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak.

“Kita lihat kedepannya, sampai dimana responnya, kita upayakan nanti untuk terus melakukan Operasi Pasar,” tambah Dedi.

Sementara itu, salah satu pembeli mengaku sangat terbantu dengan adanya Operasi Pasar tersebut dan berharap hal ini bisa terus dilakukan untuk menekan biaya belanja konsumsi rumah tangga tersebut.

Settia

“Sangat terbantu, harganya jauh lebih murah, dan ini cabenya juga bagus,” pungkas Kristauli. []