Settia

Kerang Lamis Tarik Perhatian Warga di Citeureup

BERBAGI
Sejumlah ibu rumah tangga di Citeureup sedang mencari kerang lamis di pesisir pantai/Foto: Adji

PANIMBANG, BCO – Sejumlah ibu rumah tangga di Desa Citeureup, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang nampak memenuhi area pesisir pantai untuk mencari kerang lamis yang tersembunyi diantara pasir laut.

Meskipun disengat panasnya terik matahari namun hal tersebut tidak menjadi alasan bagi ibu-ibu warga Desa Citereup, berbekal besek dan centong bekas, ibu – ibu ini nampak asyik mengeruk pasir pantai yang kondisinya sedang surut.

Setiap sore, dengan membawa anaknya, mereka selalu mendatangi pantai untuk mencari dan mengumpulkan kerang lamis yang biasa mereka konsumsi sendiri ataupun dijual kepada pengepul. Kendati demikian belum memasuki musimnya, namun hewan laut bercangkang ini mulai diburu pembeli yang kebetulan melintas di area sepanjang pantai Citeureup.

Dewi, salah satu pencari kerang lamis ini menuturkan. Kerang dengan cangkang putih yang memiliki tekstur cangkang halus tersebut biasa dicari warga saat air laut mulai surut dan biasanya terjadi pada sore hari. Ia juga mengaku apabila hasilnya banyak, Dewi selalu menjualnya kepada pengepul dengan harga Lima sampai Sepuluh ribu rupiah per liter tergantung ukuran. “Tergantung dapatanya a, kalau banyak ya dijual kalau sedikit mah buat dimasak aja dimakan sama keluarga,” ujarnya kepada BCO saat ditemui di area Pantai Citeureup, Jumat 16 Agustus 2019.

Tak hanya itu, Dewi juga mengaku apabila telah memasuki musimnya area pantai di daerah tersebut biasanya ramai didatangi para pencari hewan laut bercangkang keras ini. “Kalau udah musim mah biasanya banyak orang yang nyari, ya kadang buat di-sayur atau ya dijual ke pedagang yang ada dipinggir jalan ini,” tambahnya.

Binatang bercangkang ini termasuk dalam kategori hewan bertubuh lunak atau molusca tersebut, ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Diantaranya, memiliki kandungan zat besi yang tinggi, menjaga fungsi sistem syaraf, menjaga kesehatan jantung karena kandungan omega 3-nya yang cukup tinggi, serta mengatasi anemia atau penyakit kurang darah. []

Settia