Settia

Melihat Peristiwa Geger Cilegon Dalam Teater | BCO, 3 Agustus 2019

BERBAGI

CILEGON, BCO – Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah atau yang biasa didengar sebagai semboyan Jasmerah, ini menjadi ungkapan tepat untuk menggambarkan aksi kesenian teater yang diperankan sekelompok pelajar binaan Dewan Kesenian Cilegon (DKC) di Alun – Alun Kota Cilegon pada Sabtu malam, 3 Agustus 2019.

Settia

Para pelajar MAN 1 Cilegon dan SMK BCA yang tergabung pada komunitas Wong Kite ini menunjukkan bagaimana perjuangan masyarakat Cilegon pada saat Peristiwa Geger Cilegon yang terjadi tahun 1888.

Pada kesempatan ini, Dewan Kesenian Cilegon menyasar kaum milenial untuk melihat kembali peristiwa sejarah tersebut yang dikemas melalui seni teater.

Aksi pertunjukan yang turut disaksikan ratusan pengunjung tersebut merupakan sarana untuk mengenalkan kembali sejarah perjuangan masyarakat Cilegon dan mengajak masyarakat untuk mengingat masa-masa perjuangan pada peristiwa jaman penjajahan ini.

Selain menggelar aksi teater, organisasi Dewan Kesenian Cilegon juga turut mempertunjukan kesenian lain. Di antaranya, seni tari, kabaret, pantomim, juga baca puisi.

Berdasarkan catatan sejarah, Peristiwa Geger Cilegon pada masa penjajah tersebut merupakan aksi perlawanan tokoh Banten terhadap pemerintahan Hindia Belanda. []