Settia

Ormas Islam Bagikan Air Bersih di Cipala

BERBAGI

MERAK, BCO – Kesulitan air bersih yang dirasakan oleh ratusan kepala keluarga di Lingkungan Cipala, Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak bisa sedikit teratasi. Pasalnya, ratusan kepala keluarga yang berada di enam RT tersebut mendapat delapan tangki bantuan air bersih berkapasitas 5000 liter dari sejumlah Organisasi Islam yang ada di Kota Cilegon. Di antaranya, PA212, FPI, Padi Medika Provinsi Banten yang dipimpin langsung oleh dr Sonia, dan sejumlah donatur lainnya. “Jadi ini hanya sebagian dari perhatian kita sebagai bentuk kepedulian terhadap masayarakat cilegon untuk berbagi dengan yang lain,” ujar H. Jhoni Ketua PA212 yang ikut dalam aksi sosial ini, Minggu 15 September 2019.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Kecamatan Pulomerak Samsul Bahri, menurutnya kondisi kekeringan yang membuat warga yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih tersebut sangat memprihatinkan. Kendati demikian pihaknya berharap kegiatan sosial tersebut bisa terus berlanjut. “Mudah-mudahan kita disini akan berlanjut, setiap sebulan sekali paling lambat atau dua minggu sekali kita terjun lagi untuk meringankan beban warga Gunung Cipala ini,” katanya.


Tak hanya bantuan air bersih yang diberikan ormas islam ini, bantuan lain seperti pengobatan gratis juga diberikan para ormas tersebut. Sementara, Ketua Pemuda Pemudi Peduli Tamansari (P3T) Andri Gunawan, mengapresiasi aksi sosial yang dilakukan para ormas dalam meringankan beban warga yang kekurangan air bersih tersebut. Ia juga berharap pemerintah Kota Cilegon dapat terus memperhatikan kondisi kekeringan di Gunung Cipala ini. “Kami dari P3T mengapresiasi kegiatan bhakti sosial yang dilakukan oleh fpi, pa212, Padi Medika, dan teman – teman yang lain. Semoga pemerintah kota cilegon bisa terus memperhatikan masyarakat di gunung cipala ini terutama dalam hal kesulitan air bersih,” imbuhnya.
Berdasarkan keterangan dari Ketua RW setempat, kesulitan air bersih diwilayah tersebut mulai dirasakan warga diawal bulan Juli hingga September. Lingkungan Cipala sendiri dihuni oleh 336 Kepala Keluarga dengan jumlah penduduk 1257 jiwa dengan kondisi demikian kebutuhan akan air bersih di wilayah tersebut sangat dibutuhkan oleh masayarakat sekitar. []

Settia