Settia

Polres Cilegon Tetapkan DP Sebagai Tersangka Pembunuh Bayinya

BERBAGI

CILEGON, BCO – Kepolisian Resort Cilegon telah menetapkan DP, ibu yang tergeletak di kamar mandi dekat dengan jasad bayinya ini sebagai tersangka pelaku pembunuhan pada YN, balita berusia tujuh bulan, yang terjadi di Lingkungan Bentola, Kelurahan Bulakan, Kecamatan Cibeber, pada Selasa kemarin 20 Agustus 2019.

Kapolres Cilegon Akbp. Rizki Agung Prakoso saat memberikan keterangan perihal kasus kematian balita tujuh bulan

Penetapan tersebut dilakukan setelah kepolisian melakukan pemeriksaan terhadap jenazah bayi dan keterangan beberapa saksi. “Jadi hasil dari pemeriksaan beberapa saksi, yang bersangkutan ini kita tetapkan sebagai tersangka,” kata Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso, Rabu 21 Agustus 2019.

Sementara untuk motifnya sendiri Kapolres mengaku masih melakukan pendalaman. Namun diduga peristiwa ini terjadi lantaran tersangka DP mengalami gangguan kejiwaan sehingga mengakibatkan anaknya yang berusia tujuh bulan ini tewas dengan kondisi mengambang di kamar mandi.

“Motifnya masih kami dalami, kami juga bekerja sama dengan psikologi LPA provinsi, memang sepertinya ada latarbelakang gangguan kejiwaan dari yang bersangkutan,” ungkapnya.

Kasatreskrim Polres Cilegon AKP Zamirul Aini menyatakan, kematian bayi YN tersebut lantaran ditenggelamkan oleh ibunya sendiri karena mendengar bisikan gaib, yang kemudian DP berusaha melakukan bunuh diri dengan memotong urat nadinya menggunakan senjata tajam

“Pengakuan dari tersangka karena ditenggelamkan di bak mandi, motifnya ada bisikan gaib. Namun, kita juga masih menunggu pemeriksaan dari ahli psikologi tentang kondisi kejiawaan si ibu ini,” jelasnya.

Selain telah menetapkan tersangka kepolisian juga menyita sejumlah barang bukti dari tempat kejadian perkara, dan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya tersebut, ibu muda berusia 29 tahun ini dijerat pasal 80 Undang – Undang Perlindungan Anak dengan ancaman pidana maksimal 15 tahun kurungan. []

Settia