Settia

Semarakan HUT RI Ke 74, Kelompok 39 Uin SMH Banten Hibur Masyarakat di Labuan

BERBAGI
Warga antusias mengikuti aneka perlombaan/ Foto: istimewa

LABUAN,BCO – Dalam rangka menyemarakan HUT RI ke 74, kelompok 39 Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten menggelar kegiatan perlombaan antar kampung dengan tema ‘Membangun Silaturahmi dan Solidaritas Masyarakat’ di Desa Banyumekar, Kec. Labuan, Kabupaten Pandeglang, Minggu 18 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh para mahasiswa bersama warga ini tak lain sebagai bentuk menciptakan rasa cinta terhadap tanah air, serta meningkatkan tali silaturahmi diantara keduanya. Selain itu, dalam prakteknya Kukerta Kelompok 39 juga mengajarkan tentang Bela Negara. Yang juga merupakan salah satu wujud dari menjaga persatuan dan kesatuan. “Atas dasar hal tersebut sudah sepantasnya kita mengupayakan sebaik mungkin untuk melakukan bela negara demi menjaga persatuan dan kesatuan serta menjaga rasa nasionalisme di dalam diri kita,” ujar Ahmad Baihaki Ketua Kelompok 39.
Diharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut warga banyumekar bisa terus memperkuat semangat mereka agar terus mencintai tanah air dan mampu berkontribusi dalam hal apapun mengenai keadaan negeri ini.

Disisi lain, Maman ketua RT setempat mengungkapkan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Terutama kelompok 39 ini. “Yang dilihat itu bukan seberapa bagus perlombaannya tapi bagaimana kita bisa menjalin silahturahmi antar masyarakat dan mahasiswa” katanya.

Settia

“Acara ini sangat baik sekali untuk masyarakat kami. Alhamdulillah mahasiswa sudah mengadakan kegiatan ini jadi silaturahmi kamipun bisa terus berjalan dengan adanya perlombaan ini. “ tambahnya.

Salah satu kru BCO yang juga peserta KKN Kelompk 39 sedang berpose usai kegiatan semarak kemerdekaan RI ke 74/ Foto: istimewa

Selain mendapat apresiasi dari ketua rt setempat, Kelompok 39 turut mendapat perhatian khusus dari Desa setempat yang merasa gembira atas kegiatan yang dilakukan bersama masyarakat pada momen Hut RI ke 74 ini. “Kami selaku masyarakat banyumekar merasa gembira dengan adanya kegiatan ini. jadi kami diantara masyarakat se- Desa Banyumekar bisa berkolaborasi dengan mahasiswa UIN dan alhamdulillah semua kegiatan sudah dilaksanakan seperti balap karung, tarik tambang, pukul air, joged balon dan lain sebagainya. Intinya kami senanglah sudah berkolaborasi dengan mereka,” kata Jaenudi salah satu staf Desa Banyumekar.

Diketahui untuk memeriahkan HUT RI ke 74 ini kelompok39 Uin SMH Bantenmenggelar berbagai macam perlombaan. Seperti balap karung memakai helm, tarik tambang, estafet air, makan kerupuk, pukul air, gigit koin, puisi, pidato, mewarnai, goyang balon, dan memasukan paku dalam botolyang diikuti oleh seluruh elemen masyarakat. [*]

 

 

 

Penulis: Widi Azka

Editor: Adji Ramadhan