Settia

SMAN 1 Cilegon Kampanyekan Sekolah Zero Plastik

BERBAGI

CILEGON, BCO – Seribu lebih siswa – siswi, dewan guru, dan kepala SMA Negeri 01 Cilegon menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ozon Sedunia, Selasa 01 Oktober 2019.

Dalam kegiatan yang berlangsung di area lapangan sekolah dan dibuka dengan senam massal ini, ribuan siswa antusias mengikuti jalannya kegiatan yang diselenggarakan pihak sekolah. Selain senam massal, ribuan siswa bersama dewan guru juga mengukuhkan penggunaan tempat air minum (tumbler) sebagai sarana untuk memberikan edukasi terhadap warga di lingkungan sekolah maupun masayarakat umum.

Kepala SMA Negeri 01 Cilegon saat menandatangani baliho sebagai gerakan sekolah bebas plastic/Foto: Adji

Tak hanya itu, siswa – siswi juga turut membubuhkan tandatangannya dalam baliho putih sebagai bentuk dukungan untuk membuat sekolah tersebut zero plastic.

Pasalnya, penggunaan plastik sekali pakai ini sangat mengkhawatir lantaran menjadi sampah yang sulit terurai hingga membuat lingkungan tercemar akibat sampah plastik. Oleh karenanya, melalui environmental campaign atau kampanye lingkungan Gerakan 1000 tumbler ini pihak sekolah berharap bisa memberikan dampak positif untuk mengurangi sampah plastik, salah satunya dengan memanfaatkan tempat air minum yang bisa dibawa dari rumah dan bisa di isi ulang. Dan menciptakan karakter siswa yang cinta lingkungan.

“Salah satunya untuk menumbuhkan karakter rasa cinta lingkungan, terlebih mereka merupakan anak muda. Setidaknya mereka bisa menyebarkan virus kebaikan, baik untuk dirinya sendiri, keluarganya, maupun teman-temannya,” ujar Asep Mansyur, Kepala SMA Negeri 01 Cilegon.

Lebih lanjut, Asep juga mengungkapkan acara puncak Peringatan Hari Ozon Sedunia ini dilakukan sekaligus memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Bukan tanpa alasan, menurutnya pelaksanaan tersebut sengaja diselenggarakan pada hari ini lantaran sebelumnya sekolah ada kegiatan lain.

“Tanggal 16 September lalu sekolah ada kegiatan, ini sekalian dalam rangka menanamkan rasa nasionalisme juga kan salah satunya adalah ini menanamkan rasa cinta lingkungan,” ungkapnya.

Settia
Seremonial Pengukuhan Gerakan 1000 Tumbler/Foto: istw

Sementara, untuk mengaplikasikan kebiasaan tersebut kepada warga di lingkungan sekolah, pihaknya telah membuat aturan yang mewajibkan seluruh siswa membawa tempat makan dan minum dari rumah. Tak hanya itu, pelaku usaha atau kantin sekolah juga diberikan aturan untuk tidak menjual produk dengan kemasan pelastik demi mengurangi sampah pelastik.

Asep berharap, anak didik yang ada di SMA Negeri 01 Cilegon ini menjadi percontohan yang patut ditiru dalam hal menjaga lingkungan dengan pengetahuannya. Sehingga membentuk karakter anak murid yang sesuai dengan aplikasi Adiwiyata yang diterapkan sekolah.

Di sisi lain, Ketua Pelaksana Peringatan Hari Ozon Sedunia, Nismawati mengatakan, selain kampanye lingkungan dengan pengukuhan Gerakan 1000 Tumbler, ada juga kegiatan lain yang bisa memberikan dampak positif terhadap anak didik. Dinataranya, fruitday (Hari Makan Buah), melukis, dan beberapa perombaan lain. Bahkan ada juga penghargaan untuk kantin yang mendukung program sekolah dalam menciptakan sekolah bebas plastik, “Hari ini juga ada pemberian hadiah kepada kantin terbersih, sehat, dan mendukung kebijakan sekolah dalam menciptakan suasana lingkungan ini bebas pelastik,” imbuh Nismawati. []