Settia

Sosialisasi Forum Lalu Lintas, Macet Jalan Protokol Jadi Bahasan Utama

BERBAGI

CILEGON, BCO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon melalui Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menggagas pembentukan forum lalu lintas Kota Cilegon yang di dalamnya dilibatkan sejumlah unsur terkait seperti Dishub Banten, Satlantas Polres Cilegon, Kejari Cilegon, pengurus angkutan kota, dan juga perwakilan organisasi perangkat daerah di Kota Cilegon.
Sebelum dibentuk forum lalu lintas secara resmi terlebih dahulu dilakukan sosialisasi yang digelar di RM Bintang Laguna, Selasa 29 Oktober 2019.

Suasana sosialisasi Dishub Cilegon/Foto: BCO

Kepala Dishub Cilegon Andi Affandi mengurai tujuan dibentuknya forum lalu lintas ini untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan berlalu lintas masyarakat. “Perlu diketahui bahwa masalah lalu lintas ini akan mudah diatasi jika seluruh pihak terkait bekerjasama. Oleh sebab itu digagasnya pembentukan forum lalu lintas ini yang di dalamnya bergabung sejumlah pihak terkait,” ujar Andi.

Dikatakan, masalah lalu lintas juga termasuk bagaimana kita sama sama mencari solusi agar 11 rel kereta padat lalu lintas kendaraan dibuatkan palang pintu. “Mudah mudah dari pihak Dishub Bantrn bisa membantu support anggaran. Atau kami juga siap menyiapkan petugas penjaga rel kereta, hanya saja butuh dukungan anggaran dari Bappeda misalnya,” ujar Andi.

Settia

Sementara itu, Kabid LLAJ Dishub Cilegon Hendra Pradipta mengajak semua pihak menyelesaikan masalah kemacetan di jalan protokol yang terjadi setiap jam berangkat dan pulang kerja, serta jam istirahat. “Pengaturan lalu lintas yang dilakukan Satlantas Polres Cilegon dibantu dalop dishub. Namun juga perlu dibuat sistem yang dapat membantu mengurai kemacetan. Misalnya dengan membuat terminal tipe c untuk angkot jurusan Anyer Cilegon dan Merak Cilegon yang saat ini belum memiliki tempat pemberhentian sehingga memadati jalan protokol yang jumlahnya ribuan unit,” ujar Hendra.

Seluruh audien memberikan pandangan dan menyatakan setuju dengan dibentuknya forum lalu lintas serta mendukung upaya menekan kemacetan di jalan protokol sesuai ketentuan dan hasil kajian matang.

“Kami menyambut baik dibentuknya forum lalu lintas yang digagas dishub Cilegon, karena memang urusan lalu lintas banyak pihak yang terkait di dalamnya,” ujar Erik Herlambang, Kepala Bidang Angkutan dan Teknik Sarana Prasarana Dishub Banten Erik Herlambang. []