Settia

Bekuk Peru, Vargas Bawa Chile ke Final Copa America 2015

BERBAGI

CHILE, BCO – Chile baru saja memastikan diri melangkah ke final Copa America 2015, usai mengalahkan Peru dengan skor 2-1 di Estadio Nacional, Selasa (30/6) pagi WIB.

Chile terlebih dahulu memimpin melalui Eduardo Vargas dan kemudian disamakan setelah Gary Medel melakukan gol bunuh diri. Gol kemenangan La Roja akhirnya ditentukan oleh Vargas lagi di babak kedua, sekaligus membawa tuan rumah ke final.

Di babak pertama, Chile langsung mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Sebagai tuan rumah mereka ingin segera mencetak gol cepat.

Tak membutuhkan waktu lama bagi Chile untuk mengancam gawang Peru. Di menit ke-3, Eduardo Vargas melepas tendangan ke gawang tapi belum berhasil mengubah papan skor.

Peru pun tak mau kalah. Mereka membalas melalui Jefferson Farfan, namun tendangannya di menit ke-9 cuma mampu menerpa tiang gawang.

Petaka bagi Peru terjadi di menit ke-20, Carlos Zambrano melakukan pelanggaran terhadap Charles Aranguiz sehingga mendapatkan kartu kuning kedua dan otomatis harus meninggalkan lapangan lebih cepat karena mendapatkan kartu merah.

Unggul jumlah pemain berusaha dimanfaatkan dengan baik oleh Chile. Hasilnya, mereka berhasil memecah kebuntuan di menit ke-42 melalui Eduardo Vargas.

Berawal dari crossing Alexis Sanchez yang menghantam mistar, bola rebound yang jatuh di kaki Vargas langsung diceploskan ke gawang Peru. Gol dari Vargas ini sekaligus menutup jalannya babak pertama dengan skor 1-0 untuk keunggulan Chile.

Keluar dari kamar ganti Chile bermain dengan tempo sedikit lambat. Hal ini rupanya berhasil dimanfaatkan oleh Peru. Mereka beberapa kali mengancam lewat serangan balik.

Puncaknya, Peru berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-61 setelah Gary Medel melakukan gol bunuh diri. Bermaksud menghalau crossing Andre Carrilo, sepakan pemain Inter Milan itu justru masuk ke gawang sendiri.

Gol bunuh diri Medel itu rupanya membuat para pemain Chile tersentak dan tak membutuhkan waktu lama untuk membalas. Empat menit berselang Vargas kembali menggetarkan gawang Peru lewat sepakan keras nan cantik dari luar kotak penalti.

Setelah berbalik unggul Chile masih terus melancarkan serangan ke daerah pertahanan Peru. Namun setelah melancarkan serangkaian usaha tak ada lagi gol yang tercipta.

Chile menutup pertandingan dengan skor 2-1 dan sekaligus maju ke babak final. Mereka harus menunggu pemenang dari pertandingan antara Argentina melawan Paraguay.

Susunan Pemain:
Chile (4-3-1-2): Bravo; Isla, Medel, Rojas, Albornoz (Mena 45′); Vidal, Diaz (Pizarro 45′), Aranguiz; Valdivia (Gutierrez 86′); E. Vargas, Alexis.

Peru (4-2-3-1): Gallese; Advincula, Zambrano, Ascues, J. Vargas; Lobaton (Yotun 73′), Ballon; Farfan, Cueva (Ramos 27′), Carrillo (Pizarro 73′); Guerrero. (bola.net)

Settia