Settia

Pemantapan dan Pembinaan, LPTQ Kecamatan Purwakarta Komitmen Utamakan Peserta Lokal

BERBAGI

CILEGON, BCO – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Purwakarta mulai adakan pemantapan dan pembinaan peserta Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kecamatan Purwakarta yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Purwakarta, Jum’at 26 Januari 2018.

Ketua LPTQ Kecamatan Purwakarta, Wawan Ikhwani mengatakan,pembinaan untuk para peserta MTQ dari Kecamatan Jombang telah dimulai sejak berakhirnya MTQ tahun 2017 lalu. Pihak Kecmatan Purwakarta sendiri sampai saat ini masih komitmen untuk memberdayakan masyarakat Cilegon sebagai peserta.

“Kami tetap berkomitmen dengan ketentuan yang ada sesuai kebijakan Walikota Cilegon untuk memberdayakan masyarakat lokal Kota Cilegon, dan juga sesuai dengan arahan dari LPTQ Kota Cilegon, peserta untuk MTQ ini kita berdayakan SDM dari masyarakat lokal. Untuk pembinaan sendiri kita telah lakukan jauh hari, usai MTQ tingkat Kota Cilegon tahun 2017 kemarin, kita sudah melakukan pembinaan di LPTQ Kecamatan Purwakarta, sekarang ini hanya pemantapan dan pemberi semangat kepada para peserta yang akan mewakili Kecamatan Purwakarta untuk MTQ tingkat Kota Cilegon,” kata Sekretaris Camat Purwakarta usai acara berlangsung.

Ketika ditanya target pada perhelatan MTQ tingkat Kota Cilegon 2018, Wawan mengatakan pihaknya tidak menampik untuk menargetkan mendapat juara umum.

Namun lanjut Wawan yang terpenting dalam perlombaan MTQ adalah agar masyarakat gemar dan memahami makna bacaan Al-Qur’an itu sendiri, terutama generasi muda.

“Kalau target juara pasti semua menginginkan, tapi yang pasti kita berikan yang terbaik. Yang lebih utamanya adalah pemahaman peserta terhadap makro dari masing-masing pembina. Khususnya lagi agar generasi muda lebih gemar dan memahami bacaan Al-Qur’an,” tutur Wawan.

Sementara itu, Camat Purwakarta Balukia Iqbal yang juga merupakan pembina LPTQ Kecamatan Purwakarta mengatakan target yang diberikan tidaklah besar, akan tetapi peserta dari Kecamatan Purwakarta pasti akan memberikan yang terbaik dalam perhelatan MTQ tingkat Kota Cilegon.

“Target pasti ada, kalau tidak punya target kan kita tidak akan semangat. Yang lebih penting itu adalah pembinaan agar peserta dapat memberikan hasil terbaik dalam perlombaan MTQ. Yang utamanya adalah pwmbinaan untuk masyarakat agar lebih gemar dan cinta terhadap Al-Qur’an,” katanya.

Perlombaam MTQ tingkat Kota Cilegon ke 17 akan dilaksanakan pada 26 Februari 2018 yang akan dilaksanakan di Kecamatan Citangkil. []