Siapkan Sekolah Mantap, Dindik Kota Cilegon Gelar Pelatihan Untuk Kepala Sekolah, Guru dan Tata Usaha

BERBAGI

CILEGON, BCO – Dalam mewujudkan program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kota Cilegon untuk mendirikan sekolah Mantap, Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Cilegon menggelar workshop manajemen berbasis sekolah (MBS), RKT-RKAS, dan pembelajaran kontekstual dengan tema ‘Optimalisasi Pelayanan Prima dan Manajemen Mutu Sekolah’, Senin 23 Mei 2016.

Kepala Bidang PMPTK dan Beasiswa Dindik Kota Cilegon, Ismatullah mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan langkah awal untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) sekolah Mantap yang rencananya akan mulai diberlakukan pada 2017 mendatang.

“Program yang telah dicanangkan oleh Dindik, yaitu tentang sekolah Mantap, harus didukung diantaranya oleh manajerial dan leadership yang betul-betul profesional, karenanya kepala sekolah sebagai leader di sekolah, harus selalu diberikan bimbingan, diberikan pelatihan bagaimana manajemen sekolah, sehingga efektif, efisien dan profesional, sesuai tupoksi yang diberikan kepada yang bersangkutan,” kata Ismatullah, kepada wartawan disela-sela acara berlangsung.

Sementara itu, Kasie Ketenagaan dan Pengembangan Profesi Bidang PMPTK dan Beasiswa Dindik Kota Cilegon, Hikmatulloh, mengatakan peserta dalam pelatihan ini adalah khusus bagi peserta yang belum mengikuti pelatihan sebelumnya.

“Selain untuk kepala sekolah, juga akan disusul dengan workshop untuk para guru SD dan SMP, terkait dengan dimana guru yang langsung berhadapan dengan peserta didik, betul-betul memahami karakteristik peserta didik dan mampu memberikan pelayanan kepada peserta didik sesuai dengan karakter masing-masing dari siswa yang ada. Oleh karenanya model-model pembelajaran pun harus dikuasai oleh para guru, termasuk didalamnya untuk menunjang karirnya diberikan juga pelatihan tentang penelitian tindakan kelas (PTK). Guru harus mampu meneliti, tindakan apa yang harus dilakukan, agar peserta didik yang belum mampu menerima materi yang diajarkan, mampu menyaingi dan mengimbangi yang sudah memahami,” jelas Hikmatulloh.

Selain itu, Hikmatulloh juga mengatakan, bukan hanya kepala sekolah dan guru saja yang mendapatkan pelatihan, dalam acara pelatihan yang akan digelar selama satu minggu kedepan ini, Dindik Kota Cilegon juga mengundang kepada para pengelola Tata Usaha dan Keuangan sekolah.

“Hari terakhir nanti, bendahara sekolah SD dan SMP yang mengelola keuangan disekolah harus mampu mengelola keuangan dengan efektif dan efisien, ini juga diberikan pelatihan, pada kegiatan ini, sehingga antara kepala sekolah, guru, dan pengelola keuangan, jadi satu kesatuan didalam manajemen sekolah dimana mereka ditugaskan. Sehingga terwujudlah nanti sekolah Mantap yang telah dicanangkan dan diprogramkan oleh Dindik dan Pemkot Cilegon,” pungkasnya. (*)