Settia

Wakil Walikota: PT Krakatau Steel Bertanggungjawab Membina SMK di Cilegon

BERBAGI

CILEGON, BCO – Dalam pemenuhan kebutuhan tenaga kerja, PT Krakatau Steel memiliki tanggungjawab untuk membina pendidikan di Kota Cilegon. Demikian yang disampaikan Wakil Walikota Cilegon Edi Ariadi disela monitoring pelaksanaan Ujian Nasional di SMPN 1 Cilegon, Senin 9 Mei 2016.

“PT KS harus bertanggungjawab dalam membina pendidikan di Kota Cilegon sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja, seperti ahli bidang Metalurgi, yaitu pengecoran logam dan biji plastik, sehingga nanti PT KS tidak mencari keluar dari Kota Cilegon,” kata Edi.

Dilanjutkan Edi, PT KS jangan merasa pendidikan di Kota Cilegon itu tertinggal karena tidak ada SDM yang siap kerja sesuai kebutuhan.

Harusnya PT KS bisa membina SMK yang ada di Kota Cilegon, diantaranya adalah membuka jurusan baru sesuai dengan kebutuhan tenaga ahli di pabrik baja itu.

“Pembukaan jurusan baru itu untuk menyiapkan SDM yang mampu memenuhi kebutuhan kerja di PT KS. sehingga kebutuhan bisa disiapkan sendiri, tanpa mencari ke Jawa Timur,” kata Edi.

Diketahui, PT Krakatau Steel baru-baru ini berencana melakukan rekrutmen tenaga kerja baru untuk level operator dengan kualifikasi pendidikan SMK. Kebijakan rekrutmen tenaga kerja PT KS kali ini dinilai sangat tidak berpihak pada sumber daya manusia (SDM) lokal Kota Cilegon dan Provinsi Banten. (*)

Settia