Settia

Pasokan Properti Komersial di Banten Naik 0,33% di Triwulan II-2016

BERBAGI

SERANG, BCO – Pasokan properti komersial di Banten naik sebesar 0,33 persen pada triwulan II-2016, atau sepanjang April-Juni. Hal tersebut dilaporkan Bank Indonesia (BI) melalui survei Perkembangan Properti Komersial.

Bila dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, pertumbuhan pasokannya sebesar 9,6 persen.
“Kenaikan pasokan properti komersial terjadi di Banten, terutama pada segmen apartemen jual sebesar 3,21 persen,” tulis BI.

Meski ada pertumbuhan, jika dilihat secara tahunan, jumlahnya tidak sebanyak pada tahun lalu.

Pertumbuhan pasokan properti komersial tahunan pada tahun lalu mencapai 40,93 persen. Sementara untuk triwulan II-2016, pertumbuhannya hanya 19,79 persen.

Settia

Adapun naiknya pasokan properti komersial pada triwulan II-2016, berasal dari 5 proyek apartemen baru, yaitu Crown Sky, Kingland Avenue, Padina Residence, B Residence, dan Loftvilles.

Properti ini tergolong apartemen kelas menengah bawah dengan tipe studio seluas 19 meter persegi.
Dengan menyasar kelas menengah ke bawah, pengembang dapat mengoptimalkan penyerapan atau penjualan apartemen di tengah permintaan yang relatif rendah.

Berdasarkan survei BI, perkembangan pasokan properti komersial di Banten, pada triwulan II-2016, indeksnya tercatat 264,53. Sementara pada triwulan sebelumnya, catatan indeks 256,29. (*)

 

 

 

 

Sumber: Kompas.com